Part 5 : Metode PHC - Cross Atas
Bagian ke lima dari panduan metode PHC akan menitikberatkan pada penyelesaian semua edge yang tersisa. Total ada 5 edge yang perlu disusun, 4 edge berada di center kuning (atas), 1 edge hijau merah. Perhatikan demo berikut.
Sebelum masuk lebih jauh ke panduan, perlu saya terangkan beberapa istilah dan syarat agar dalam memahami bagian ini menjadi mudah.
Hole (Lubang)
Hole adalah sisi vertikal (edge corner) yang tidak diselesaikan pada panduan sebelumnya. Hole berfungsi sebagai tempat transisi (pergantian) antar edge. Perhatikan gambar di bawah.
Walaupun sudah saya bahas pada panduan sebelumnya, perlu saya ulang kembali perbedaan macam-macam edge khusus pada penyelesaian ini. Perhatikan gambar berikut :
Correct edge (berarti juga good edge) adalah edge yang berada di bagian atas rubik dan sewarna dengan dua warna center, pada contoh di atas, edge kuning biru sudah sejajar dengan kedua warna center yaitu center biru dan center kuning.
Good edge adalah edge yang sudah berada di posisi atas, namun hanya edge kuning yang berada sejajar warnanya dengan center kuning, adapun center kedua tidak sejajar. Pada gambar di atas, edge kuning hijau sudah menjadi good edge karena warna kuning edge sudah bertemu dengan center kuning, namun tidak untuk warna hijau.
Normal Edge adalah edge yang memiliki satu langkah menjadi good edge. Posisi normal edge dalam panduan ini selalu berada di hole. Contoh di atas adalah edge merah kuning.
Bad edge adalah edge yang berada di atas namun warna edge kuning tidak sejajar dengan warna center kuning. contoh di atas adalah edge warna orange kuning.
Dalam panduan ini perlu saya terangkan langkah-langkah apa saja yang diperbolehkan. Pembatasan langkah di sini bertujuan agar formasi corner edge yang sudah selesai sebelumnya tidak hancur. Langkah-langkah yang diperbolehkan adalah
1) Semua gerakan di atas rubik (center kuning) yaitu U, U' dan U2.
2) Gerakan R, kemudian disusul semua gerakan no 1 dan kembali dengan R'
3) Gerakan F', kemudian disusul semua gerakan no 1 dan kembali dengan F.
Tahapan yang akan kita kerjakan dalam Panduan ini ada tiga, yaitu 1) Tiga good edge, 2) Minimal Dua corrcect edge, dan 3) Bentuk cross. Masing-tahap dapat dilewati jika memang sudah terbentuk sebelumnya. Konsepnya adalah cukup selesaikan 4 edge, maka satu edge tersisa pasti benar dengan dengan sendirinya.
Tahap 1- Bentuk Tiga Good Edge
Pada tahap ini kita akan mencoba mengubah semua bad edge (jika ada) menjadi 3 good edge yang berada di atas (center kuning). Caranya, posisikan warna kuning bad edge sejajar satu bidang dengan warna kuning pada normal edge yang berada di hole. Langkah ini akan mengakibatkan Normal edge akan menjadi good edge dan bad edge akan menempati posisi hole menjadi normal edge. Perhatikan demo di bawah.
Penjelasan langkah
Langkah 1: Tempatkan kuning bad edge pada sisi depan (karena kita akan melakukan langkah R) sehingga warna kuning satu bidang dengan kuning normal edge.
Langkah 2 - 4 : Tempatkan normal edge pada bagian atas (R), arahkan bad edge ke sisi kanan (U'), kembalikan posisi (R') sehingga bad edge menjadi normal edge di hole.
Langkah 5 : Tempatkan bad edge pada sisi kanan (karena kita akan melakukan langkah F') sehingga warna kuning satu bidang dengan kuning normal edge.
Langkah 6 - 8 : Tempatkan normal edge pada bagian atas (F'), arahkan bad edge ke sisi kanan (U), kembalikan posisi (F) sehingga bad edge menjadi normal edge di hole.
Tahap - 2 : Bentuk minimal 2 Correct Edge.
Tahap ini hanya dikerjakan apabila hanya terdapat 1 correct edge, jika terdapat 2 atau 3 corrcet edge, Anda bisa langsung mengerjakan tahap 3.
Pada akhir contoh sebelumnya, jika kita perhatikan kita berhasil membentuk 1 correct edge dengan edge merah kuning dapat dipadankan dengan center.
Mengapa bukan edge biru kuning atau edge hijau kuning ?
Dalam rubik, warna biru dan warna hijau pastilah terletak berseberangan, tidak mungkin berdampingan. Karena warna normal edge adalah orange kuning , maka seharusnya edge orange kuning berada di seberang edge merah kuning.
Agar terbentuk 2 atau tiga corrcet edge, maka cara termudah adalah dengan mengganti good edge yang berada di seberang edge merah kuning, yaitu edge hijau kuning. Perhatikan langkah berikut :
Penjelasan Langkah :
Langkah 1 : Arahkan edge yang akan ditukar (edge biru kuning) ke jalur kanan (U) karena kuning normal edge menghadap ke depan. Sekarang edge biru kuning siap diganti.
Langkah 2 : Naikkan edge orange kuning ke atas, edge biru kuning terdorong turun ke belakang.
Langkah 3 : Arahkan edge hijau kuning ke jalur putar.
Langkah 4 : Kembalikan edge biru kuning yang tadi sempat terturun.
Tahap - 3 : Bentuk Cross
Anda telah berhasil membentuk 3 good edge, untuk membentuk pola cross dengan 4 correct edge, ada dua cara yang dipakai tergantung dari banyaknya correct edge yang mula-mula terbentuk.
1) Dua correct edge
Jika pada rubik telah tersusun 2 correct edge, maka ganti good edge dengan normal edge, kemudian edge yang sempat terturun tadi tempatkan di slot kosong dari edge atas.
Pada contoh sebelumnya, kita telah memiliki dua correct edge yaitu edge merah kuning dan edge orange kuning. Agar terbentu 4 correct edge, ganti edge hijau kuning dengan normal edge yang berwarna biru kuning dan letakkan edge hijau kuning pada slot kosong.
2) Tiga Correct Edge
Jika sudah terdapat 3 corrcet edge, langkah yang harus dilakukan adalah dengan cara mengganti satu persatu edge dengan normal edge dan melakukan putaran atas secara konstan, searah atau berlawanan jarum jam bebas, yang terpenting mulai dari edge yang paling pinggir.
Sebelum masuk lebih jauh ke panduan, perlu saya terangkan beberapa istilah dan syarat agar dalam memahami bagian ini menjadi mudah.
Hole (Lubang)
Hole adalah sisi vertikal (edge corner) yang tidak diselesaikan pada panduan sebelumnya. Hole berfungsi sebagai tempat transisi (pergantian) antar edge. Perhatikan gambar di bawah.
Walaupun sudah saya bahas pada panduan sebelumnya, perlu saya ulang kembali perbedaan macam-macam edge khusus pada penyelesaian ini. Perhatikan gambar berikut :
Correct edge (berarti juga good edge) adalah edge yang berada di bagian atas rubik dan sewarna dengan dua warna center, pada contoh di atas, edge kuning biru sudah sejajar dengan kedua warna center yaitu center biru dan center kuning.
Good edge adalah edge yang sudah berada di posisi atas, namun hanya edge kuning yang berada sejajar warnanya dengan center kuning, adapun center kedua tidak sejajar. Pada gambar di atas, edge kuning hijau sudah menjadi good edge karena warna kuning edge sudah bertemu dengan center kuning, namun tidak untuk warna hijau.
Normal Edge adalah edge yang memiliki satu langkah menjadi good edge. Posisi normal edge dalam panduan ini selalu berada di hole. Contoh di atas adalah edge merah kuning.
Bad edge adalah edge yang berada di atas namun warna edge kuning tidak sejajar dengan warna center kuning. contoh di atas adalah edge warna orange kuning.
Dalam panduan ini perlu saya terangkan langkah-langkah apa saja yang diperbolehkan. Pembatasan langkah di sini bertujuan agar formasi corner edge yang sudah selesai sebelumnya tidak hancur. Langkah-langkah yang diperbolehkan adalah
1) Semua gerakan di atas rubik (center kuning) yaitu U, U' dan U2.
2) Gerakan R, kemudian disusul semua gerakan no 1 dan kembali dengan R'
3) Gerakan F', kemudian disusul semua gerakan no 1 dan kembali dengan F.
Langkah yang diperbolehkan
Tahapan yang akan kita kerjakan dalam Panduan ini ada tiga, yaitu 1) Tiga good edge, 2) Minimal Dua corrcect edge, dan 3) Bentuk cross. Masing-tahap dapat dilewati jika memang sudah terbentuk sebelumnya. Konsepnya adalah cukup selesaikan 4 edge, maka satu edge tersisa pasti benar dengan dengan sendirinya.
Tahap 1- Bentuk Tiga Good Edge
Pada tahap ini kita akan mencoba mengubah semua bad edge (jika ada) menjadi 3 good edge yang berada di atas (center kuning). Caranya, posisikan warna kuning bad edge sejajar satu bidang dengan warna kuning pada normal edge yang berada di hole. Langkah ini akan mengakibatkan Normal edge akan menjadi good edge dan bad edge akan menempati posisi hole menjadi normal edge. Perhatikan demo di bawah.
Tiga Good Edge
Penjelasan langkah
Langkah 1: Tempatkan kuning bad edge pada sisi depan (karena kita akan melakukan langkah R) sehingga warna kuning satu bidang dengan kuning normal edge.
Langkah 2 - 4 : Tempatkan normal edge pada bagian atas (R), arahkan bad edge ke sisi kanan (U'), kembalikan posisi (R') sehingga bad edge menjadi normal edge di hole.
Langkah 5 : Tempatkan bad edge pada sisi kanan (karena kita akan melakukan langkah F') sehingga warna kuning satu bidang dengan kuning normal edge.
Langkah 6 - 8 : Tempatkan normal edge pada bagian atas (F'), arahkan bad edge ke sisi kanan (U), kembalikan posisi (F) sehingga bad edge menjadi normal edge di hole.
Tahap - 2 : Bentuk minimal 2 Correct Edge.
Tahap ini hanya dikerjakan apabila hanya terdapat 1 correct edge, jika terdapat 2 atau 3 corrcet edge, Anda bisa langsung mengerjakan tahap 3.
Pada akhir contoh sebelumnya, jika kita perhatikan kita berhasil membentuk 1 correct edge dengan edge merah kuning dapat dipadankan dengan center.
Mengapa bukan edge biru kuning atau edge hijau kuning ?
Dalam rubik, warna biru dan warna hijau pastilah terletak berseberangan, tidak mungkin berdampingan. Karena warna normal edge adalah orange kuning , maka seharusnya edge orange kuning berada di seberang edge merah kuning.
Agar terbentuk 2 atau tiga corrcet edge, maka cara termudah adalah dengan mengganti good edge yang berada di seberang edge merah kuning, yaitu edge hijau kuning. Perhatikan langkah berikut :
Penjelasan Langkah :
Langkah 1 : Arahkan edge yang akan ditukar (edge biru kuning) ke jalur kanan (U) karena kuning normal edge menghadap ke depan. Sekarang edge biru kuning siap diganti.
Langkah 2 : Naikkan edge orange kuning ke atas, edge biru kuning terdorong turun ke belakang.
Langkah 3 : Arahkan edge hijau kuning ke jalur putar.
Langkah 4 : Kembalikan edge biru kuning yang tadi sempat terturun.
Tahap - 3 : Bentuk Cross
Anda telah berhasil membentuk 3 good edge, untuk membentuk pola cross dengan 4 correct edge, ada dua cara yang dipakai tergantung dari banyaknya correct edge yang mula-mula terbentuk.
1) Dua correct edge
Jika pada rubik telah tersusun 2 correct edge, maka ganti good edge dengan normal edge, kemudian edge yang sempat terturun tadi tempatkan di slot kosong dari edge atas.
Pada contoh sebelumnya, kita telah memiliki dua correct edge yaitu edge merah kuning dan edge orange kuning. Agar terbentu 4 correct edge, ganti edge hijau kuning dengan normal edge yang berwarna biru kuning dan letakkan edge hijau kuning pada slot kosong.
2) Tiga Correct Edge
Jika sudah terdapat 3 corrcet edge, langkah yang harus dilakukan adalah dengan cara mengganti satu persatu edge dengan normal edge dan melakukan putaran atas secara konstan, searah atau berlawanan jarum jam bebas, yang terpenting mulai dari edge yang paling pinggir.



Komentar
Posting Komentar